World film market trends of the 2016

Pasar Cinde Dibangun 12 Lantai Dilengkapi Condotel

PT Magna Beatum akan membangun Pasar Cinde menjadi sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa bagian, mulai dari pasar tradisional hingga apartemen atau kondotel dengan harga terjangkau untuk masyarakat Palembang.

Bangunan yang diberi nama Plaza Aldiron Cinde ini akan dibuat menjadi 12 lantai. Setiap lantai punya peruntukan masing-masing, mulai dari pasar tradisional hingga apartement.

Direktur PT Magna Beatum, Athar Tarigan, saat ditemui di Palembang Expo, Jumat (6/5), mengatakan, khusus basement diperuntukkan untuk pedagang-pedagang lama Pasar Cinde.

"Soal sewa bagian besment kami serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Provinsi Sumsel. Sesuai dengan perjanjian tarif sewa akan ditentukan oleh pemerintah, sehingga harga sewa tidak akan memberatkan para pedagang," ujarnya.

Saat ini, pihaknya melakukan sosialisasi dan pengenalan produk kepada masyarakat Palembang. Pada Agustus mendatang, pihaknya akan melakuka ground breaking agar pembangunan bisa selesai sebelum Asian Games 2018.

Dirinya mengatakan memiliki waktu hanya 18 bulan untuk merevitalisasi pasar cinde ini. "Kita berharap sosialisasi dan relokasi ini dapat berjalan cepat sehingga kita juga dapat langsung bekerja," ujarnya.

Pasar Cinde ini akan dibongkar habis dan dibangun menjadi 12 lantai. Nantinya tiga lantai teratas akan dibuat apartemen murah atau condotel.

"Sebanyak 150 unit apartemen atau condotel ini akan kita bangun di tiga lantai teratas yang akan kita buat terintegrasi dengan pasar cinde ini," ujarnya.

Namun, kata dia untuk lantai satu dan dua ini akan diperuntukan oleh para pedagang existing yang dikelola oleh Pemprov. Sedangkan selebihnya pihaknya yang akan mengelola gedung tersebut yang akan dijadikan kawasan wisata juga. "Lantai tiga, empat dan lima akan dijadikan pusat grosir yang juga akan terintegrasi dengan sky bridge LRT," ujarnya.

Sementara itu, untuk biaya investasi, lanjut dia mengalami kenaikan yang awalnya hanya Rp 225 miliar menjadi Rp 330 miliar "Naiknya ini karena luasannya juga naik dari 44 ribu meter persegi menjadi 55 ribu meter persegi dengan masa BOT selama 30 tahun," ujarnya. Ia mengatakan selama pameran Palembang Expo 2016 yang berlangsung di BKB, antusias untuk pengenalan masyarakat pun sangat tinggi. "Kita juga mensosialisasikan, mengedukasi serta menginformasikan bahwa revitalisasi pasar cinde akan lebih modern dan bagus," ujarnya.