World film market trends of the 2016

Target Rampung 30 Bulan

Target Rampung 30 Bulan

Tahun Depan Pedagang lama sudah bisa masuk Aldiron Plaza Cinde

Pasar cinde yang kumuh dan becek dalam waktu 30 bulan akan disulap menjadi shopping center, tempat bermain, tempat hiburan serta tempat menginap dengan nama yang baru Aldiron Plaza Cinde.

Aldiron Plaza Cinde menyatukan belanja, hiburan, hunian dan stasiun LRT sebagai “One Stop Living Work,Shop and Entertainment”Transit Oriented Development

Hal ini diawali dengan telah dilakukannya peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili Sekda Sumsel H Nasrun Umar, Pjs Walikota Palembang H akhmad Najib, CEO Aldiron Hero Group,Aldrin Tando, Direktur Utama PT Magna Beatum Fajar Atar Tarigan dan pihak lain nya di pasar cinde lama yang berlokasi di Jalan Sudirman Palembang, senin (19/2).

Direktur Utama PT Magna Beatum, Fajar Atar Tarigan mengatakan direncanakan Aldiron Plaza Cinde akan dibangun 18 lantai. Di tahap pertama 15 lantai dengan rincian 2 lantai basement, 9 lantai retail, 3 lantai parkir dan apartemen di atasnya.

“Aldiron Plaza Cinde akan dibangun dengan luas 6.600 meter persegi. Selain berfungsi sebagai tempat berbelanja, juga akan ada Waterpark, mal,restoran, pusat lifestyle dan lain sebagainya,” kata Fajar dalam kata sambutannya.

Ia mengungkapkan pembangunan Aldiron Plaza Cinde menempuh jalan panjang. Pada April 2015 PT Magna Beatum telah ditunjuk sebagai Beauty Contest dari revitalisasi pasar cinde. 18 Maret 2016 tandatangan kerjasama dimana PT Magna Beatum diberi waktu 6 bulan untuk persiapan dengan harapan Agustus 2016 pembangunan bisa berjalan dengan lancer.

“Karena satu lain hal ada permasalahan non teknis sehingga dapat diselesaikan sehingga ada penampungan sementara 8 Agustus 2017, para pedagang eksisting Pasar Cinde dengan sukarela mengharapkan tempat lebih baik, mereka pun pindah ke penampungan sementara,” kata Fajar.

Fajar pula berterima kasih kepada PD Pasar Palembang Djaya yang telah meratakan bangunan dari Pasar Cinde lama sehingga pada 22 Januari dilakukan serah terima lahan kosong secara formal.

“Tujuan awal untuk menumbuhkembangkan dan memperluas bidang usaha dari pedagang Tradisional di Cinde dan pelaku usaha kecil lainnya di Palembang umumnya Sumsel,” ujar Fajar.

Ia menerangkan direncanakan pembangunan fisik di Aldiron Plaza Cinde akan memakan waktu 30 bulan dengan catatn dilakukan secara bertahap. Selama 12 bulan pertama pedagang di tempat sementara bisa masuk ke tempat baru. Lalu 12 bulan selanjutnya sampai dengan lahan atas parkir, 6 bulan terakhir Apartemen unit.

“Sehingga Agustus 2020 ditargetkan selesai semua”ungkap Atar.

Atar berharap dengan adanya bangunan ini bisa berkontribusi terhadap Pendapatan Daerah, devisa dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan daerah di Sumsel.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Palembang, Akhmad Najib mengakui revitalisasi ini memang sedikit terlambat karena banyaknya masukan dan sebagainya sehingga semua telah ditampung dan menemukan jalan keluar termasuk kajian dari Cagar Budaya yang telah dibentuk.

“Alhamdullilah dari hasil kajian telah diserahkan ke Gubernur intinya pembangunan dapat dilakukan dengan beberapa catatan. Semuanya dipenuhi dari hari ini (kemarin) dilakukan groundbreaking,” tambah Najib.

Dari pantauan, Pasar Cinde sudah rata dengan tanah dan menyisakan bangunan depan yang menghadap ke Jalan Sudirman. Beberapa cendawan masih dipertahankan, termasuk bangunan depan Pasar Cinde saat groundbreaking berlangsung, aktifitas berdagang masih dilakukan oleh para pedagang Tanya ada di penampungan sementara.